Juan Carlos Alfonso Víctor María de Borbón y Borbón-Dos Sicilias

Juan Carlos I (dibaptis sebagai Juan Carlos Alfonso Víctor María de Borbón y Borbón-Dos Sicilias; lahir di Roma, Italia, 5 Januari 1938; umur 76 tahun) adalah Raja Spanyol yang sedang berkuasa.
Pada tanggal 22 Nopember 1975, dua hari setelah wafatnya Francisco Franco, Juan Carlos diangkat menjadi Raja Spanyol berdasarkan hukum suksesi yang ditetapkan oleh Franco. Ia secara sukses mengawasi transisi Spanyol menuju ke sistem demokrasi monarki konstitusional. Sensus pada tahun 2000 menunjukkan bahwa dirinya didukung oleh mayoritas rakyat Spanyol.
Gelar Juan Carlos meliputi gelar Raja Yerusalem (salah satu gelar yang masih dipermasalahkan) sebagai penerus keluarga kerajaan Naples. Ia juga seorang keturunan dari Ratu Victoria dari Inggris melalui garis keturunan neneknya, Victoria Eugenie; keturunan dari Louis XIV dari Perancis melalui garis keluarga Bourbon; keturunan Kaisar Charles V yang termasuk dalam dinasti Habsburg dari Kekaisaran Romawi Suci; dan keturunan dari keluarga Savoy dari Italia; dan lain-lainnya.
Nama lengkapnya, walau jarang diubah kesana, dalam Bahasa Inggris menjadi John Charles Alphonse Victor María of Bourbon (and Bourbon-Two Sicilies). Ia diberikan nama ini mengikuti nama ayahnya (Juan de Borbón), kakek dari sisi bapaknya (Alfonso XIII) dan kakek dari sisi ibunya (Prince Carlos de Borbón-Dos Sicilias).

No comments:

Post a Comment